Tutorial Menampilkan Text di LCD 16x2 dengan Arduino


tutorial ini saya akan membahas tentang cara menampilkan text di LCD 16x2 mengunakan Arduino dengan bantuan modul I2C(Inter Integrated Circuit). Saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan text di lcd 16x2.

Kenapa pake I2C? Intinya, dengan menggunakan modul I2C, pin Arduino yang digunakan untuk menyalakan LCD sangat sedikit yaitu hanya 2 pin: 
SDA (Serial Data) dan 
SCL (Serial Clock). 
Kalau di Arduino UNO itu pin A4 untuk SDA dan pin A5 untuk SCL.

LCD 16×2 
merupakan salah satu penampil yang sangat populer digunakan sebagai interface antara mikrokontroler dengan user nya. Dengan penampil LCD 16×2 ini user dapat melihat/memantau keadaan sensor ataupun keadaan jalanya program. Penampil LCD 16×2 ini bisa di hubungkan dengan mikrokontroler apa saja. Salah satunya dari keluarga AVR ATMega baik ATMega32,ATMega16 ataupun ATMega8535 dan ATMega 8.

dari gambar di atas tersebut dapat dilihat bahwa LCD 16×2 mempunya 16 pin. sedangkan pengkabelanya adalah sebagai berikut :

    1. Kaki 1 dan 16 terhubung dengan Ground (GND).
    2. Kaki 2 dan 15 terhubung dengan VCC (+5V)
    3. Kaki 3 dari LCD 16×2 adalah pin yang digunakan untuk mengatur kontras kecerahan LCD. Jadi kita bisa memasangkan sebuah trimpot 103 untuk mengatur kecerahanya
    4. Pin 4 (RS) dihubungkan dengan pin mikrokontroler
    5. Pin 5 (RW) dihubungkan dengan GND
    6. Pin 6 (E) dihubungkan dengan pin mikrokontroler
    7. Sedangkan pin 11 hingga 14 dihubungkan dengan pin mikrokontroler sebagai jalur datanya.
    I2C LCD
    Inter Integrated Circuit atau sering disebut I2C adalah standar komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk mengirim maupun menerima data. Sistem I2C terdiri dari saluran SCL (Serial Clock) dan SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara I2C dengan pengontrolnya. Piranti yang dihubungkan dengan sistem I2C Bus dapat dioperasikan sebagai Master dan SlaveMaster adalah piranti yang memulai transfer data pada I2C Bus dengan membentuk sinyal Start, mengakhiri transfer data dengan membentuk sinyal Stop, dan membangkitkan sinyal clockSlave adalah piranti yang dialamati master.
    hubungkan modul I2C ke Arduino UNO, Pastikan semua kabel terhubung dengan benar.
    jika sudah benar, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah proses pembuatan program. Nah sebelum mulai membuat program, kita harus download library-nya terlebih dahulu disini.

    Selanjutnya membuat program di aplikasi Arduino IDE
    #include <Wire.h>
    #include <LiquidCrystal_I2C.h>
    
    LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,2,1,0,4,5,6,7,3, POSITIVE);
    
    void setup()
    {
      lcd.begin (16,2);
    }
    
    void loop()
    {
      lcd.setBacklight(HIGH);
      lcd.setCursor(0,0);
      lcd.print("EGI ANUGRAH");
      lcd.setCursor(0,1);
      lcd.print("CODEPOLITAN");
      delay(1000);
      lcd.setBacklight(HIGH);
      delay(1000);
    }

    Comments